Selasa, 06 Januari 2015

Beberapa fakta tentang eceng gondok

1. Eceng gondok (Eichhornia crassipes) adalah salah satu tanaman air invasif yang paling umum di dunia
dan diketahui menyebabkan perubahan ekologi dan sosial-ekonomi yang signifikan.

2. Eceng gondok dapat mengubah kualitas air dengan mengubah kejernihan air dan penurunan produksi fitoplankton, oksigen terlarut, nitrogen, fosfor, logam berat, dankonsentrasi kontaminan lainnya.

3. Eceng gondok memiliki pengaruh ganda pada kelimpahan jumlah dan keragaman zooplankton. Jumlah zooplankton di dalam air cenderung menurun akibat dari menurunnya ketersediaan fitoplankton. Namun pada kondisi tertentu, berkat eceng gondok populasi zooplangton dapat meningkat karena memiliki tempat berlindung dari serangan predator.

Unggas yang hidup di antara eceng gondok
Unggas yang hidup di antara eceng gondok


4. Jumlah dan keragaman Invertebrata dapat mengingkat. Hal ini disebabkan terciptanya habitat yang ideal bagi sejumlah hewan tersebut, di antara jaringan eceng gondong yang terbentuk diperairan.

5. Pengaruh eceng gondok pada ikan sangat tergantung pada bagaimana pengaruhnya terhadap pertumbuhan zooplankton dan fitoplankton di suatu perairan. Jika kedua organisme tersebut dapat tumbuh subur berkat adanya eceng gondok, maka pertumbuhan ikan di daerah tersebut akan meningkat.

6. Jumlah eceng gondok yang luas dan padat di suatu perairan dapat menjadi daya tarik sendiri bagi beberapa jenis unggas. Mereka dapat mencari makan di sela-sela eceng gondok, berupa hewan invertebrata dan ikan. demikian pula mereka dapat bersarang dan berkembang biak disana.


7. Efek eceng gondok bagi tingkat sosial ekonomi, sangat dipengaruhi seberapa besar sebaran dan pertumbuhan tanaman tersebut di suatu daerah, ide dan metode pemanfaatannya.


8. Bahwasannya eceng gondok dapat memberikan dampak yang positif terhadap pemuliaan air, masih harus dikembangkan melalui penelitian lebih jauh. Karena pengaruh species tanaman air ini di berbagai kondisi perairan dapat berbeda-beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar